Home Tentang Kami Kontak Kami Donasi E-Book

Hubungan Antara Persepsi Umat Khonghucu Tentang Pendidikan Keagamaan, Peran Rohaniwan dan Budi Pekerti

Agama memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia, agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Agama dimaksud untuk membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mampu meningkatkan potensi spritual, akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti dan moral sebagai perwujudan dari perndidikan agama dan keagamaan.

Di Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor beberapa Kelenteng/ Litang sebagai tempat ibadah umat agama Khonghucu yang dinaungi oleh Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN), disinilah umat khonghucu beribadah dan mendapatkan pendidikan agama dan keagamaan, dari Litang yang ada di Gunung sindur ini terdapat beberapa Rohaniwan sebagai pemuka dan tokoh agama yang mengajarkan tentang tata ibadah, keimanan dan hal lainnya yang berhubungan dengan kegiatan agama dan keagamaan, mengerikannya keberadaan Litang sebagai sarana ibadah dan belajar tentang agama dan keagamaan serta rohaniwan tersebut belum menunjukkan eksistensi keimanan dan perilaku umat Khonghucu yang lebih baik, ditambah lagi masih banyak perilaku tradisi dan budaya masyarakat yang bersifat negatif masih dilakukan, seperti berjudi pada saat upacara kematian atau perayaan imlek serta lebih memilih datang ke tempat pesta dibandingkan ke litang atau kelenteng untuk beribadah. Menyadari betapa pentingnya pendidikan agama dan keagamaan serta peran rohaniwan dalam membentuk manusia Junzi yang selaras dengan firman Tian, ​​maka dilakukan penelitian dengan jenis kuantitatif ini.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Persepsi Umat Khonghucu tentang Pendidikan Keagamaan dan Peran Rohaniwan dengan Budi Pekerti di Wilayah Litang MAKIN Cibinong Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor, dengan Populasi meliputi Umat Khonghucu di Wilayah Litang MAKIN Cibinong Kecamatan Gunung Sindur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random ii Sampling, dengan rumus Slovin maka dengan populasi sejumlah 920 orang dihasilkan sampel pada penelitian ini sebanyak 91 orang.

Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode angket (skala likert) untuk Persepsi Umat Khonghucu tentang Pendidikan Keagamaan, Peran Rohaniwan dan Budi Pekerti. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi dan Korelasi sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-T (Uji T) dan Uji-F (Uji F).

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Persepsi Umat Khonghucu tentang Pendidikan Keagamaan,Peran Rohaniwan dan Budi Pekerti Umat Khonghucu Di Wilayah MAKIN Cibinong, Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor,Jawa Barat, hal ini diperoleh dari hasil pengolahan data nilai F-Statistic sebesar 53.716 sedangkan besarnya F-tabel dengan derajat bebas (df) 2 dan 91 pada  (0,05) sebesar 2.9957. Diperoleh Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.55 artinya Variasi Persepsi Umat Khonghucu mengenai Pendidikan Keagamaan.

Silakan download disini  
YUDI-FUF.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH