Home Tentang Kami Kontak Kami Donasi E-Book

Siapa Yang Pecahkan Mangkok ?

Orang Cenderung melihat kesalahan lain orang dan memaafkan kesalahan sejenis yang dilakukan oleh diri sendiri.
Senja, sehabis makan malam ayah dan anak santai duduk di ruang keluarga, mereka asyik nonton tv. Kakak perempuan membantu ibu cuci piring di dapur. Prang....! Tiba-tiba ada suara keluar dari arah dapur dan kemudian sunyi. "Mangkok pecah!" Ini suara ayah. "Coba terka, siapa yang memecahkan mangkok?" Ayah bertanya dan tanpa banyak pikir lagi si anak langsung menjawab "Ini pasti ibu yang memecahkan!". Memang benar, tidak lama kemudian ibu keluar dari dapur dan membawa pecahan mangkok, sambil tersipu berkata "Licin, kena sabun".
Setelah ibu membuang pecahan mangkok tadi kemudian kembali ke dapur. Ayah bertanya pada sang anak, "Mengapa kamu begitu yakin ibu mu yang memecahkan mangkok itu?". "Kalau kakak yang pecahkan, ibu pasti sudah marah-marah, dan tadi setelah ada suara mangkok pecah, tidak terdengar apa-apa, ini berarti ibu yang pecahkan", jawab sang anak. Ayah tertegun!
memang kita sering memaafkan diri sendiri, dan tidak memberi ampun pada orang lain yang berbuat kesalahan. Dan konyolnya, kita hanya dapat melihat kesalahan orang lain dan tidak dapat melihat kesalahan diri sendiri.
Mudah-mudahan kita semua tidak seperti itu. Shanzai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH