Home Tentang Kami Kontak Kami Donasi E-Book

Perayaan Ulang Tahun SMK Setia Bhakti Ke-14

Penulis : Tan Sudemi
Juru Foto : Riano dan Miki Setiawan

Pada hari Jum’at tanggal 19 Juli 2013 Perguruan Setia Bhakti unit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Setia Bhakti bertempat di Jalan Ki Samaun No.171 Kota Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia, merayakan ulang tahunnya yang Ke-14. 14 tahun yang lalu pada saat pembukaan pertama kalinya Sekolah Menengah Kejuruan yang dahulu juga bernama Sekolah Menengah Ekonomi Atas dengan jumlah siswa-siswi sebanyak 244. Latar belakang berdirinya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Setia Bhakti yang terncantum dalam Proposal Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan Setia Bhakti Tahun 1999 di antaranya :
  1. untuk mendukung program-program pemerintah guna mempercepat pemberantasan kebodohan, kemiskinan dan mempercepat pelaksanaan sumber daya manusia.
  2. Perguruan Setia Bhakti telah memiliki Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang berusia 18 tahun tentunya memiliki tanggungjawab moral membuka jenjang pendidikan setingkat lebih tinggi guna menampung lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Setia Bhakti.
  3. Harapan dan kebutuhan masyarakat setempat terutama perusahaan dan perkantoran terhadap tenaga menengah yang trampil dan siap pakai dimana yang ada sekarang masih jauh dari harapan.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Setia Bhakti bersama unit Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas merupakan bagian dari unit SEKOLAH CONFUCIUS terbesar di Indonesia. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Setia Bhakti adalah sekolah yang pertama di Indonesia sejak runtuhnya Pemerintah Orde Baru pada Mei 1998, menerapkan Pendidikan Agama Khonghucu dan Bahasa Mandarin secara formal kepada siswa-siswinya.

Gagasan untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Setia Bhakti sudah dimulai sejak tahun 1996, dalam forum rapat di Khongcu Bio Kota Tangerang yang dihadiri oleh antara lain : Alm.Bapak Tanto Satriadi (Mantan Ketua Bidang Pendidikan Perguruan Setia Bhakti), Alm.Haksu Suryo Hutomo (Mantan Direktur Perguruan Setia Bhakti), Soehendra (mantan Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia), Tjan Hok Eng, Kasim Gunawijaya, Latif Budiriady. Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Setia Bhakti dilanjutkan oleh Bunsu Budi Tamtomo, beliau diangkat menjadi Direktur Perguruan Setia Bhakti yang menggantikan Alm.Haksu Suryo Hutomo, sekitar tahun 1997 sampai dengan tahun 1998 Bunsu Budi Tamtomo menggalang dana dari dalam negeri hingga ke luar negeri di antaranya Academy Confucius Hongkong. Tahap pembangunan pertama dimulai dibangunnya gedung tiga lantai di gerbang utama Perguruan Setia Bhakti dan gedung Taman Kanak-Kanak Confucius. Bunsu Budi Tamtomo dan Drs.Sergius Kelang (Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertama) termasuk di antara tokoh pendiri dan perancang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Setia Bhakti.

Dalam Proposal pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dituliskan, Searah dengan dasar dan latar belakang serta tujuan Pendirian SMK/SMEA Setia Bhakti, menambah pelajaran sebagai ciri khusus sekolah adalah
  1. Bahasa Mandarin
  2. Bahasa Jepang
  3. Komputer
Hal itulah yang menjadikan SMK/SMEA Plus Setia Bhakti, dasar pertimbangan memberikan pelajaran Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang adalah :
  1. SMK/SMEA mendidik dan melatih Sumber Daya Manusia yang dipersiapkan kepada pasar kerja
  2. 70% pelaku bisnis di Asia Pasifik banyak menggunakan bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin
  3. 75% penanam modal di kawasan industry Tangerang berasal dari Jepang, Hongkong dan Taiwan.
Dalam perayaan ulang tahun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke-14 ini dihadiri oleh sejumlah Pengurus Sekolah Confucius Perguruan Setia Bhakti, Bapak Edy Kurniawan SE,MM, Ibu Lanny Gunawijaya, Bapak Aries serta Mantan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bapak Drs.Sergius Kelang (saat ini menjabat sebagai HRD Perguruan Setia Bhakti dan guru Sejarah SMK dan SMA Setia Bhakti), Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bapak Js.Gunadi,S.Pd serta dewan guru, karyawan dan siswa-siswi kelas 10 dan kelas 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sementara siswa-siswi kelas 12 sedang menjalani Praktek Kerja Industri selama dua bulan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini memiliki siswa-siswi sebanyak ± 700. Perayaan ulang tahun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditandai dengan penyalahan lilin bersama Bapak Js.Gunadi,S.Pd dan Bapak Drs.Sergius Kelang dan pelepasan Balon bersama Hari Ulang Tahun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke-14 oleh Bapak Js.Gunadi,S.Pd, Bapak Drs.Sergius Kelang dan Bapak Edy Kurniawan,SE.MM. Acara perayaan ulang tahun diakhiri dengan do’a agama Khonghucu yang dipimpin, Bapak Tong Obing,SH guru bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan.


DO’A 14 TAHUN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SETIA BHAKTI

KEHADIRAT TIAN YANG MAHA BESAR,
DITEMPAT YANG MAHA TINGGI,
DENGAN BIMBINGAN NABI KONG ZI,
DIPERMULIAKANLAH

Berolehlah kami kekuatan dan kemampuan untuk senantiasa membina diri, menjunjung tinggi kebenaran dan menjalankan kebajikan. Puji syukur dan terima kasih kami panjatkan kehadirat Tian, yang telah berkenan merakhmati dengan kemampuan dan membimbing untuk perjalanan dan perjuangan hidup kami mengemban firman-Mu.

Diperkenankan kiranya kami bersama berhimpun untuk melaksanakan Perayaan memperingati 14 tahun Sekolah Menengah Kejuruan Setia Bhakti ini, sehingga Tian berkenan memberikan kemampuan dan kekuatan sehingga dapatlah Sekolah Menengah Kejuruan Setia Bhakti ini menjadi tempat ideal, damai tentram dan sentosa, dapatlah senantiasa diselenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan teratur dan sembahyang dari musim ke musim, sesuai dengan ajaran Nabi Kong Zi juru penuntun hidup kami, sehingga dapatlah sekolah ini memberikan Cahaya Kebajikan, Kedamaian, Kesejukan, Ketentraman dan Keharmonisan bagi segenap umat di atas dunia ini pada saat ini pula kami memohon Ridho dan Rakhmat Tian, Nabi Kong Zi dan Para Nabi, Segenap Sen Ming / Para Suci dan Segenap Leluhur, sehingga berkah sentosa, kesehatan, kemampuan, keikhlasan dan rejeki melimpah meliputi kami semua.

Bagai Bulan Menuju Penuh, Bagai Mentari Menuju Naik, Bagai Gunung Selatan Yang Abadi, Tak Pernah Pudar dan Gugur, Bagai Pohon Siong dan Pek yang senantiasa Menghijau. Demikianlah kiranya senantiasa dirakhmati tempat ini.

Dengan sepenuh hati kami bersujud, dengan sepenuh kebajikan di dalam hati,
Dipermuliakanlah…

Dijauhkanlah kiranya kami dari segala kelemahan, keluh gerutu kepada Tian, sesal penyalahan kepada sesama, melainkan dapatlah kami tekun belajar, hidup benar, dari tempat yang rendah ini terus maju menuju tinggi menempuh Jalan Suci, teguhlah iman kami yakin Tian senantiasa penilik, pembimbing dan penyerta dalam kehidupan kami.

WU ER WU YU SHANG DI LIN RU
ZHI TIAN SHEN ZHI,
SHOU FU WU JIANG
(oleh Ridho Karunia Tian Diterima Bahagia tanpa batas)

Huang Yi Shang Di, Wei Tian You De,
Huang Yi Shang Di, Wei Tian You De,
(Maha Besar Tian, Tian Senantiasa melindungi kebajikan)
Shanzai


Bapak Drs.Sergius Kelang didampingi Bapak Drs.Antonius
Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Setia Bhakti

Js.Gunadi,,S.Pd Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Setia Bhakti


Kepala SMK Setia Bhakti dan Mantan Kepala SMK Setia Bhakti meniup lilin bersama

Balon dan Spanduk SMK Setia Bhakti HUT Ke-14

Bapak Tong Obing,SH memimpin Do'a Bersama  Ulang Tahun SMK Setia Bhakti

Sisiwa-Siswi SMK Setia Bhakti Do'a Bersama Merayakan Ulanga Tahun
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Setia Bhakti Kota Tangerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH