Home Tentang Kami Kontak Kami Donasi

Minggu, 21 Februari 2010

Sembahyang Besar Jing Tian Gong (敬 天 公)

Kehadiran Tian, Tuhan Yang Maha Besar ditempat Yang Maha Tinggi dengan bimbingan Nabi Kong Fu zi, dipermuliakanlah Semoga beroleh kami kekuatan dan kemampuan menjunjung tinggi kebenaran dan menjalankan kebajikan.

Saat ini kami berhimpun menyampaikan pernyataan syukur dan terima kasih, diperkenan bersembah sujud ke hadirat Tian; demikian pula atas segala karunia Tian selama ini yang telah berkenan menjaga dan memeliharakan seluruh umat manusia, nusa dan bangsa, negara, keluarga dan diri pribadi kami, sehingga selalu mampu menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak berkenan kepada Tian; beroleh selamat dan sentosa.

Juga atas kemurahan Tian yang telah menanam dan meneguhkan Iman dan tekad mulia, serta telah mengaruniakan Agama Khonghucu sebagai pelita hidup dan genta rohani kami, berkenanlah Tian menerima sembah sujud kami.

Pada malam suci ini, dengan penuh iman kami bersujud menyampaikan tekad bahwa di dalam tahun dan masa yang baru dan mendatang ini akan memperbaiki kesalahan-kesalahan kami; meningkatkan perbuatan-perbuatan yang baik dan luhur, mengembangkan kebajikan yang telah Tian firmankan, di dalam Jalan Suci yang Nabi bimbingkan sehingga Firman Tian senantiasa boleh beserta kami, serta kesentosaan kebahagiaan meliputi penghidupan.

Kami yakin iman itu harus kami sempurnakan sendiri dan Jalan Suci itu harus kami jalani sendiri. Oleh iman yang teguh, kehidupan ini bermakna dan cita yang mulia boleh terselenggara.

Dengan setulus hati kami bersujud, dengan sepenuh Kebajikan di dalam hati, Dipermuliakanlah. Sembah dan sujud ke hadirat Tian, semoga jauhlah hati dari segala kelemahan, dari keluh gerutu kepada Tian, dari sesal penyalahan kepada sesama, dapat tekun belajar hidup benar, dari tempat yang rendah ini menuju tinggi menempuh Jalan Suci. Teguhlah Iman, yakin Tian senantiasa Penilik, Pembimbing dan Penyerta kehidupan ini.

Shanzai

Makna Sembahyang Besar Jing Tian Gong (敬 天 公)


Sembahyang Besar ke hadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa pada hari Tangcik dan pada malam menjelang Tahun Baru ialah sembahyang besar menyatakan syukur umat atas Karunia Tian sepanjang tahun yang akan ditinggalkan. Maka suasana diliputi renungan segala sesuatu yang telah dialami dan dikerjakan. Ini berbeda dengan suasana saat sembahyang Jing Tian Gong.

Saat Jing Tian Gong adalah saat di dalam ketulusan hati dan pernyataan iman kita ke hadirat Tian tentang hal yang akan dilaksanakan di dalam tahun yang baru ini. Maka upacara suci Jing Tian Gong wajib disiapkan dengan bersuci diri dan berpantang sejak hari kedua tahun baru sampai berakhirnya upacara suci ini. Karena itu di dalam bersujud kita pada malam suci ini, marilah kita renungi ayat-ayat suci Kitab Zhong Yong XXIV:1-3, yang berbunyi :

  • Iman itu harus disempurnakan sendiri dan Jalan Suci itu harus dijalani sendiri pula.
  • Iman itulah pangkal dan ujung segenap wujud. Tanpa iman suatu pun tiada. Maka seorang kuncu memuliakan Iman.
  • Iman itu bukan dimaksudkan selesai dengan menyempurnakan diri sendiri, melainkan menyempurnakan segenap wujud juga. Cinta kasih itulah penyempurnaan diri dan bijaksana itulah menyempurnakan segenap wujud. Inilah kebajikan watak sejati, dan inilah keesaan luar dalam daripada jalan suci. Maka setiap saat jangan dilalaikan.

Kita hayati makna suci ayat Kitab Zhong Yong XIX : 18, kalimat pertama, yang berbunyi : “Iman itulah Jalan Suci Tian, berusaha beroleh Iman, itulah Jalan Suci manusia.” Kita camkan ayat suci Mengzi VII A:4 :”Berlaksa benda tersedia lengkap di dalam diri. Kalau memeriksa diri ternyata penuh iman, sesungguhnya tiada kebahagiaan yang lebih besar dari ini. Sekuat diri laksanakanlah Tepasarira, untuk mencari Cinta Kasih tiada yang lebih dekat dari ini !”

Semoga oleh ima yang teguh, oleh kesungguhan hati, beroleh kita kekuatan, kemampuan dan dorongan melaksanakan segala harapan dan cita yang telah kita setiakan pada malam upacara sembahyang besar ini.





print this page Print this page

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TERIMA KASIH