Home Tentang Kami Kontak Kami Donasi E-Book

CHINATOWNS AROUND THE WORLD

Penulis : Rendi Aditya
China dikenal sebagai Negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan lebih dari 1,3 milyar jumlah penduduk. Itu belum termasuk para migrant asal China yang telah menetap di Negara lain. Hampir di setiap negara di dunia memiliki kawasan komunitas China, atau keturunannya yang kenal dengan sebutan Chinatown. Disini akan disajikan beberapa Chinatown dari beberapa Negara besar, termasuk Indonesia.

CHINATOWN DI AMERIKA SERIKAT
Amerika Serikat merupakan salah satu Negara dengan populasi penduduk keturunan China (disebut juga dengan Chinese-American). Oleh sebab itu, hamper di setiap kota besar di Amerika terdapat Chinatown-nya sendiri.
Salah satu Chinatown yang terkenal dan yang tertua di Amerika adalah Chinatown San Francisco. Sejak didirikan tahun 1840, Chinatown San Francisco menjadi salah satu lokasi penting serta berpengaruh bagi penduduk etnis China di Negara bagian California Chinatown San Francisco juga menjadi salah satu objek wisata wajib selain Golden Gate Bridge. Sing Fat dan Sing Chong menjadi objek trademark di Chinatown San Fransisco.
Chinatown di San Fransisco


Chinatown di New York
Selain di San Francisco, Chinatown yang terkenal juga terdapat di New York. Hebatnya ada tujuh Chinatown di tiga distrik yang berbeda, yaitu Manhattan, Brooklyn serta Flushing. Di Chinatown distrik Manhattan, rumah penduduk serta daerah komersil  melebur menjadi satu. Di Chinatown New York, sama seperti Chinatown di Amerika Serikat pada umumnya, juga menjual berbagai macam bahan makanan yang diimpor langsung dari Asia, tidak hanya dari China. Terkadang pun bumbu-bumbu khas Indonesia dapat ditemukan di Chinatown ini. Selain Chinatown di New York, ada lagi Chinatown di Boston, Philadephia, Washington D.C., Los Angeles, Honolulu, Chicago, Detroit, Houston, Seattle serta Portland.

CHINATOWN DI KAWASAN AMERIKA LATIN
Pada abad ke-19 terjadi migrasi para penduduk Tionghoa yang cukup besar ke Negara-negara Amerika Latin, dan mereka  bekerja menjadi buruh kontrak di bidang pertanian serta perikanan, mayoritas dari Propinsi Guangdong. Hampir di semua Negara Amerika Latin terdapat  Chinatown-nya masing-masing. Salah satunya Chinatown yang berada di Havana, Kuba merupakan salah satu tempat berkumpul bagi para penduduk Kuba etnis Tionghoa yang pada abad ke-19 bermigrasi ke sana untuk bekerja di bidang tebu.
Chinatown di Havana - Kuba
Chinatown di Lima - Peru
Lalu Chinatown  di distrik Belgrano, Buenos Aires, Argentina terdapat banyak penduduk Argentina etnis Tionghoa generasi pertama yang bermigrasi dari Taiwan. Selain itu juga Chinatown di Argentina terdapat di Jalan Arribenos, Mendoza serta Montaneses.

Salah satu Negara dengan jumlah Chinatown dalam jumlah yang cukup banyak di Amerika Latin terdapat di Meksiko. Salah satunya terletak di perbatasan kota Mexicali, Baja California (sangat dekat dengan perbatasan Meksiko-Amerika Serikat). Di sini terdapat pusat bisnis serta restoran yang dibangun oleh orang Meksiko keturunan Tionghoa, dan salah satu restoran yang cukup terkenal adalah Restaurant 19, yang merupakan salah satu restoran Chinese food tertua yang ada di Meksiko.

Selain Meksiko, Venezuela merupakan salah satu Negara dengan penduduk etnis Tionghoa terbanyak, dengan pusat komunitasnya berada di Kota Valencia, distrik Carabobo. Di Peru, tepatnya di ibukota Lima, terdapat Chinatown yang disebut dengan Barrio Chino de Lima. Sama seperti Chinatown pada umumnya, terdapat pusat bisnis dan restoran Chinese food yang sudah mengalami peleburan dengan kuliner setempat.

CHINATOWN DI NEGARA-NEGARA AFRIKA
Afrika Selatan, Madagaskar, serta Mauritius menjadi tiga negara teratas yang menjadi tujuan para imigran dari Tiongkok sejak tahun 1890-an hingga awal abad ke-21. Hingga sekarang, Afrika Selatan sebagai salah satu negara paling modern di Afrika menjadi tujuan utama para imigran generasi pertama dari Tiongkok.


Chinatown di Johannesburg - Afrika Selatan
Chinatown di Afrika Selatan sendiri terletak di sudut kota Johannesburg, tepatnya  di kawasan suburban Cyrildene. Para penduduk disini pun kebanyakan berasal dari Tiongkok Selatan. Sama seperti Chinatown pada umumnya, di sini terdapat banyak restoran, pusat elekronik, supermarket, dan juga ada panti pijat. Beberapa penghuni toko disini pun masih berbicara bahasa Mandarin.

Chinatown di Mauritius 
Di Madagaskar, tepatnya di ibukota Antanarivo terdapat sebuah Chinatown yang disebut Quatier Chinois. Chinatown ini menjadi tempat berkumpul bagi kurang lebih 30.000 penduduk beretnis China maupun imigran yang rata-rata berasal dari Pearls River Delta, Guangdong, Tiongkok.

CHINATOWN DI NEGARA-NEGARA EROPA
Chinatown juga banyak tersebar di setiap negara di Eropa, dengan jumlah Chinatown terbanyak berada di Inggris Raya. Chinatown tersebar merata di kota-kota besar di Inggris, mulai dari Manchester, London, Birmingham, Newcastle, Liverpool, Sheffield, hingga Leeds. Chinatown London menjadi Chinatown terbesar yang ada di Inggris. Berlokasi di area Soho, di distrik City of Westminster, terdapat banyak restoran, toko roti, supermarket, toko suvenir, serta bisnis lain yang dikelola orang Inggris etnis China.
Chinatown di London - Inggris Raya
Konon, di sebuah basement di Grand Street, salah satu jalan yang masih merupakan bagian dari Chinatown di London, merupakan bagian dari Chinatown di London, merupakan tempat latihan band legendaris Inggris Led Zeppelin, pada kisaran tahun 1968. Lokasi persisnya tidak diketahui hingga sekarang dan diyakini tempat tersebut telah menjadi salah satu lokasi bisnis.

Selain di Inggris, di Paris, Perancis juga terdapat salah satu Chinatown yang cukup dikenal di Eropa. Berlokasi di 13th arroundissement (Distrik 13), Paris, disini terdapat kurang lebih 50.000 orang dari etnis China, Vietnam serta Laos. Salah satu tempat yang cukup dikenal disini yaitu Tang Freres dan Paristores, yang merupakan supermarket yang menyediakan berbagai macam barang serta bahan makanan dari Asia.

Tetapi tahukah anda, Chinatown terbesar di Eropa baru saja dibangun di Afumati, distrik Llfov, Rumania. Letaknya kurang lebih 16 km dari ibukota Bucharest. Dengan luas kurang lebih 40 hektar, kompleks Chinatown ini akan dilengkapi oleh pusat perbelanjaan, perkantoran, kasino, bank, hingga sekolah. Chinatown di Rumania ini akan menjadi portal perdagangan bagi distribusi barang-barang dari China.

CHINATOWN DI ASIA SERTA AUSTRALIA
Para imigran dari Tiongkok menyebar secara merata ke seluruh penjuru Asia, termasuk Indonesia dan Australia, Singapura, Malaysia, Indonesia serta Jepang menjadi pusat-pusat Chinatown yang berada di benua Asia.
Chinatown di Yokohama - Jepang
Di Jepang, imigran yang berasal dari Tiongkok disebut Kakyo. Di Jepang terdapat salah satu Chinatown yang terbesar di dunia, serta yang terbesar di Asia, tepatnya di Yokohama. Disebut juga Chukagai, Chinatown di Yokohama ini sudah berdiri lumayan lama, tepatnya sejak abad ke-18. Hampir sama dengan Chinatown pada umumnya, restoran-restoran ala China sudah pasti ada di distrik ini, namun makanan ala China ini sudah melebur dengan citrarasa setempat.

Di Malaysia, Chinatown dapat ditemukan di kota-kota besar sepenjuru Malaysia, mengingat 30% penduduk Malaysia beretnis Tionghoa. Salah satunya yang anda pasti juga kenal yaitu Jalan Petaling di pusat Kuala Lumpur. Selain di Malaysia, Singapura pun juga memiliki Chinatown tersendiri, walaupun mayoritas penduduknya beretnis Tionghoa dan memang terletak di distrik Chinatown.

Chinatown di Bangkok - Thailand
Chinatown di Jalan Petaling - Kuala Lumpur, Malaysia


Chinatown di Singapura
Chinatown di Melbourne - Australia
Di Thailand terdapat 3 titik Chinatown yang cukup terkenal di Bangkok, tepatnya di Yaowarat Road dan Sampeng lane, lalu di Phuket, serta Me Salong. Lalu di negeri Kangguru Australia seperti Melbourne, Sydney serta Adelaide. Australia merupakan salah satu tujuan migrasi para penduduk asal China, Taiwan hingga Hongkong. Chinatown di Sydney terletak di sentral Central Station dan Darling Harbour serta Chinatown terbesar di Australia. Sedangkan Chinatown yang berlokasi di Melbourne merupakan salah satu Chinatown yang tertua di Australia.

CHINATOWN DI INDONESIA
Rasanya tidak lengkap jika kita tidak membahas Chinatown yang berada di Indonesia. Di Jakarta sendiri, Chinatown yang juga disebut pecinan, berlokasi di Glodok, dan sudah berusia ratusan tahun. Kawasan ini juga populer dengan sebutan Petak Sembilan. Arsitektur-arsitektur khas Tiongkok dapat ditemui dengan mudah dikawasan ini. Mulai dari Klenteng tua bernama Jin De Yuan (Dharma Bhakti) yang telah berusia ratusan tahun, gereja Khatolik Santa Maria de Fatima dengan arsitektur Tiongkok, serta toko-toko  kelontong menjual perlengkapan sembahyang tradisi Tionghoa.


Klenteng Jin De Yuan di Glodok - Jakarta, Indonesia


Gereja Khatolik Santa Maria De Fatima di Glodok - Jakarta, Indonesia
Tentunya, seperti yang sudah kita ketahui, kawasan Glodok memang terkenal dengan toko-toko elektroniknya, dan harga yang dijual disana juga cukup miring. Selain itu, berdekatan dengan kawasan Petak Sembilan, terdapat juga perkampungan tua yang kental dengan nuansa Tionghoa seperti Kampoeng Kramat Loear Batang, Kampoeng Pekodjan dan Kampoeng Petjinan yang berada di Tambora, Glodok, Jakarta Barat.


Selain di ibukota Jakarta, Pecinan yang cukup terkenal ada di Semarang. Semarang merupakan salah satu kota yang disinggahi oleh Laksamana Tiongkok ternama Cheng Ho. Kawasan Pecinan Semarang ini terletak di kisaran Gang Lombok, Gang Pinggir, serta Gang Warung. Selain itu, pada saat Imlek, biasanya akan diadakan pasar dadakan, yang bertajuk Pasar Imlek Semawis. 


Pertokoan Petak Sembilan - Jakarta, Indonesia
Selain Pasar Imlek Semawis, pusat keramaian saat Imlek biasanya juga terjadi di Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok, serta Klenteng Sam Poo Kong.  Di Klenteng Sam Poo Kong, konon disimpan jangkar serta kemudi kapal dari Laksamana Cheng Ho. Gang Lombok pun juga terkenal oleh Es Campurnya yang khas.


Klenteng Sam Poo Kong di Semarang - Indonesia
Pasar Semawis - Semarang, Indonesia
Mengingat banyaknya jumlah Chinatown di Indonesia serta dunia, rasanya sangat tidak mungkin untuk menjelaskan semuanya satu per satu, namun satu hal yang pasti, kebudayaan Tiongkok merupakan salah satu warisan budaya yang kaya akan nilai sejarah.


Sumber : Majalah View No.1 th.2012


BERITA TERKAIT
DING LONG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH